Astrid VS Bjork adalah kucing garong

iseng banget gw nulis ginian..

Ni lagi denger astrid...
terlintas di pikiran gw karakter vocal & style nyanyinya si astrid mirip sama si bjork..




Yang jadi pertanyaan pertama adalah:
Kenapa ketika ada musisi Indonesia yang misalnya punya sesuatu yang mirip musisi luar, langsung
banyak yang ngegosipin.. Dianggap menjiplak lah, ga kreatip, katro dll yang buruk-buruk
  1. Inget kasus sheila on 7 yang dianggap mirip lagunya boyzone?
  2. Inget lagu peterpan yang di remix ama orang India? (lho kayanya OOT)
  3. Kabar yang paling baru adalah lagunya kucing Garong yang ternyata ada versi Nasional dan versi Cirebon? he?? penting gituh??? sial males banget kan...
(kok obrolannya jadi agak melenceng ginih..)

Untuk kasus yang sheila on 7 serta kasus musisi lain yang dianggap mencontek..
Well kalo menurut gw mah.. wajar2 aja... Kalo kita punya idol, dan kita terinfluence dengan mereka, ya sudah menjadi hal yang wajar jika ada sesuatu dari kita yang agak mirip dengan idol kita itu.. Batasan njiplak ato ngga emang agak susah..
Pernah ada yang ngedefinisiin, disebut ngejiplak jika ... ape ye?? lupa boss sori hihi.. kalo gasalah ga boleh ada nada yang sama lebih dari 2 bar.. (sotoy nih... tapi kayanya bener).
Kalo dari definisi itu sih.. gw agak setuju juga.. Beda lagi kalo kasusnya ga sengaja sama.. Ya intinya susah banget nentuin batasannya..

Kalo gw liat dari sudut pandang gw misalnya yang terinfluence si Chino Morenonya deftones.. caelah gaya.. Ketika gw kemarin rekaman bareng noiseback di lagu eusthanasia.. ada bagian rap yang memang gw suka banget kalo dimasukin rap model 7wordsnya deftones... Dan akhirnya terbuatlah lyric rap mirip 7wordsnya deftones itu di eusthanasianya noiseback.


Untuk kasus lagu peterpan yang diremix ama orang india sebenernya mirip juga ama kasus lagu kucing garong..
Misal gini deh.. ada si wati seorang penyanyi dangdut yang mengidolakan mba sukinem (critanya sukinem yang pertama menyanyikan lagu kucing garong dari pencipta aslinya yang lyric aslinya bahasa sunda).. nah si wati ini mungkin dalam tiap manggungnya menjadi hal yang syah-syah saja jika ia melantunkan lagu kucing garong itu.

Nah ketika hal yang besar muncul, misal si wati ini manggung di KDI membawakan lagu kucing garong dengan dandanan super norak dan lekukan tubuh goyangannya membuat para pria sulit melepas konsentrasi maka mungkin si Wati ini akan lebih terkenal dari si Sukinem.. Apalagi kalo selain KDI, banyak tawaran manggung lagi di stasiun TV swasta lain.. ato di kampung-kampung dan acara hajatan mentri-mentri.. Beh.. bisa jadi gosip hebat deh..

Nah terus tiba-tiba si wati ini rekaman lagu kucing garong dengan lyric yang misalnya berbahasa Indonesia dan mendapat support distribusi kaset oleh industri rekaman tokcer di negri ini.. Yaaaaa alhasil ada kemungkinan banyak orang yang menganggap kucing garong tu punya si wati.. Dan karena wati mendapat duit banyak dari lagu kucing garong.. jelas aja si sukinem dan parto (sang penulis) merasa agak-agak pengen minta jatah...



Iyelaaaaahhh wajar.. yang ngarang sape... yang terkenal sapee...??!!
yang jadi tajir sapeee??
Kalo critanya kaya gini bingung juga kan siapa yang salah..
Ye mungkin intinya jangan nyalah-nyalahin kali ye...

Beh dari Astrid mpe jadi kucing garong nih

kenapa pula ginian dibahas?

6 comments:

  1. Apa tom? Noiseback mo bawain "Kucing Garong"?!

    *agak slaah fcous*

    ReplyDelete
  2. huehehe~
    namany jg industri musik,, asal bs populer aja, sapa cepat dia dapat *alah*

    btw,bjork ama astrid beda jauh kl.. dah denger album bjork yg skrng? bnyk bunyi²an yg aneh, cm mirip dikit sih WARNA suaranya.. *njieh*

    ReplyDelete
  3. bwahahahhahahahahha man gw ama mBu malah mau bawain peterpan hahhahahaha mBu maksa mau bawain lagu itu buat band IT hahhahah tapi setelah gw pikir2 mendingan kucing garong akhhh!!!

    ReplyDelete
  4. Kucing Garong rule!!

    Kayaknya genre musik yang kayak gini terkadang sering blooming yah....

    eh tanya kenapa?

    ReplyDelete
  5. Astrid kan lagu2nya emang trip hop.. gue dengerin dia dari pertamaaaa bnaget.. dia sendiri bilang koq klo terinspirasi dari bjork.. tapi gara2nya trip hop gak laku di indo *kapan mo terkenal gitu kan klo so so idealis gitu sie* jadi dia pindah ke aliran picisan seperti lagu2nya yang sekarang.. *ditabog pensnya astrid*

    ReplyDelete
  6. Ya output karyanya tetep aja kurang orisinil...

    ReplyDelete