Liputan Thomas Lang di BPTT Jakarta

Sebelumnya, semoga halaman ini tidak dicrawling oleh google sebagai toprank searchingnya, maluuu (^^)
Lanjutan dari posting saya disini, hari sabtu kemarin 11 Agustus 2007 akhirnya niat datang ke Jakarta nonton Thomas Lang dapat terealisasi. Pukul 12.00 siang saya ke Terminal Leuwi Panjang. Tadinya sih janjian dengan "metalgembira" salah satu warga klinikdrum juga, tapi ternyata dia berangkat dari Pintul tol Cileunyi. Wew... jadinya berangkat sendiri-sendiri aja deh.

Dengan modal sebuah handycam, jeans, baju klinikdrum yang baru nyampe kemarin, tas JJF, spatu buluk "Rhumell", celana pendek dan satu baju Jesus versi Kurt Cobain *halah*, saya bergegas naik angkot sampe ke terminal, ternyata diangkot ketemu anak UKM Band namanya Mike, dia ingin balik ke Jatibening, lumayanlah ada teman ngobrol.

Sampai di terminal saya langsung menuju jalur Bis Patriot yang menuju Terminal Pulo Gadung Jakarta. Menurut Tami, kalo ke Thamrin mending naik busway dari Pulo Gadung. Setelah sampai di bis, ngantuk tidur, kebetulan Patriotnya dapet yang kurang bagus, padahal biasanya bagus lho. Ini kursi saja rusak, sandarannya tidak kokoh.. wah payah, tapi untung penumpang tidak penuh.

Sampai di Jakarta, turun tol di cempaka putih kira-kira pukul 1/2 4 saya langsung turun di perempatan dan menuju Halte Busway Cempaka Mas 1. Masuk busway kebetulan kosong, saya dapat duduk dan busway berjalan sampai Harmoni. Selama perjalanan saya membayangkan, kira-kira beginilah saya tiap hari jika bekerja di Jakarta... dan bagi saya ini memang sudah resiko. Intinya kalo kerja di Jakarta tidak dapat gaji diatas 4 Juta sebagai S1, wew mendingan suruh mikir lagi deh yang buka lowongan, apalagi yang model-model minta qualifikasi macem-macem tapi gajinya wekwew..

Setelah sampai Harmoni... wuuuiiiiih antriaannya.... Curiga telat nyampe venue nih... Acaranya kan jam 18.00, sekarang sudah pukul 4 kurang, ya masih lama sih. Ternyata setelah saya lihat, sukurlah jurusan BlokM malah kosong. Antrian itu adalah antrian untuk ke Pulo Gadung, panjang suer... Kalo anda sering ke Halte Busway Harmoni tau deh pasti. Bikin males banget suer. Kemudian saya naik, bis sudah mulai berjalan, lewat monas, indosat, kebon sirih, nah pas kebon sirih baru deh mulai tengak tengok kaya orang kampung. Sejujurnya saya belum tau gedung BPTT itu dimana, tapi kalo dari peta sih setelah kebon sirih tapi sebelum Mc'D Sarinah, letaknya di sebrang Mc'D. Setelah lirik-lirik norak, sempet ketemu tulisan Badan Penelitian, dan Sarinah hampir terlewat, wew.. daripada keterusan, saya langsung segera turun di Halte Sarinah.

Saya yakin banget gedungnya sudah terlewat. Kebetulan perut keroncongan dan acara belum tau selesai kapan maka saya segera masuk Mc'D Sarinah saja untuk makan malam. Sebelum makan saya cari ATM dulu untuk beli pulsa. Disisi kiri dan kanan gedung sarinah itu sebenarnya ada ATM Mandiri, tapi edannya dua-duanya rusak... kacaw kan.. Padahal area perkantoran gitu loh, kasian kan orang-orang yang bertipe tidak pernah bawa cash di kantong. Pesen Panas yang isinya nasi, ayam dua, cola reguler, tisu, sedotan, sambel. Makan sendirian sambil lirak-lirik para pekerja Jakarta, sekali lagi mikir.. beginilah mungkin nantinya jika saya ternyata memilih bergabung menjadi pekerja Jakarta, secara daerah situ banyak kantor.

Pukul 17.45 makan saya habiskan dan segera jalan menuju BPTT, sampai didepan tanya satpam, katanya di lantai 3, wah berarti benar gedungnya... yihawww can't wait to see!!!
Di depan pintu terdapat ATM mandiri, waah pas banget langsung deh beli pulsa.

Sampai depan auditorium ternyata sudah ada sekitar 80an orang, beberapa sudah antri di depan pintu... Beberapa ada yang mengenakan baju klinikdrum.com. Langsung aja towel satu orang, ternyata namanya Uga, baru lulus SMP... buset brondong. Ngobrol bentar, baru deh saya ganti baju klinikdrum. Setelah menunggu dengan tidak sabar.. semua tidak sabar, gedung ber-AC jadi kompor. Di forum kemarin untuk masuk ke venue bisa melalui undangan di beberapa toko musik, dan bisa juga ngeprint undangan dari klinikdrum (tapi harus berwarna).
Secara gw ngeprint, ga pede juga, nanti ditolak pula ga boleh masuk... ah tapi cuek... Acara klinik gini biasanya promosi, jadi kalo bayar, panitianya keterlaluan banget berarti.

Baru deh 18.40 pintu dibuka.... wuoooow semua orang berlari menerobos tempat terdepan. Ternyata banyak bo yang dateng.... sampe 500 kayanya.. Kapasistas Auditorium BPTT berapa yah? Kira-kira 70% tempat di auditorium terisi oleh pengunjung (termasuk lantai 2nya), tapi itu belum dihitung anak2 yang duduk dibawah karpet depan panggung (termasuk anak2 klinikdrum). Hehehe ternyata tiket ga ada gunanya sama sekali..

Acara ini disponsori oleh... liat sendiri di pamfletnya ya. Kalo produk drumnya yaitu Sonor. Acara ini merupakan sekaligus promosi sonor, secara Thomas Lang pake Sonor. Di panggung ternyata ada 4 drum. Wah maap saya tidak memberikan fotonya, nanti kalo ada saya tambahkan. Drum dari kanan ke kiri yaitu drum yang digunakan oleh Amos Cahyadi (Drummer Gospel), dua ditengah dimainkan oleh Thomas Lang dan paling kanan Cendy Luntungan (Drummer jadul Indonesia)

Amos Cahyadi
.. ada yang tau? Emang ga komersil, tapi di komunitasnya justru komersil banget, yaitu di komunitas musisi gospel... biasanya bantu2 musisi Gereja Kristen Protestan gitu... Mainnya jago, tapi sayang pendiem banget, gatau malu gatau ape... Saya denger nama dia pertama kali waktu masih SMP. Dulu gitaris saya (edwin) di band waktu SMP pernah kenal karena dia entah teman SMPnya ato temannya temannya, ya ga begitu penting lah..

Cendy Luntungan
.. ada yang inget? Dulu dia sering banget bantu2 musisi2 Indonesia, mulai dari Pop, Jazz sampe rock pun. Mainnya Indonesia banget. Sound drum yang dia hasilkan berupa irama-irama musik Indonesia.. ini nih yang asik.. Biasanya drummer muda cenderung belajar Jazz, Funk, Grindcore, Metal dll alias musik orang bule.. Tapi biasanya kalo udah tua mulai agak sadar diri bahwa di negara endonesia kita tercinta ini justru banyak memberikan sound-sound yang perkusif. Gilang Ramadhan merupakan salah satu drummer yang mengeksplorenya, yang lain juga sih seperti Buddy Haryono, Gerry Herb dll. Kalo dari setup drumnya, terlihat indah.. rame, penuh, ada synthesizer, cymbal taro belakang pas mukul ga ngliat kekekeke kocak banget deh ni om...

Thomas lang.. Wah kalo ini mah.. gatau diri.. mukul drumnya gilee kuenceng banget.. Manteb! Traditional grip pula. Ternyata umurnya 40 dan barusan ulang tahun di bulan agustus ini. Dulu sempet liat drum video lessonnya rambut masih pendek.. Ternyata sekarang udah gondrong desa hehe. Thomas Lang masih sama, dia selain drum sonor, cymbah tetep AA meinl, Vater stick. Pedalnya ga nahan coy.. ga cuma buat bass drum aja, hihat kiri kanan, ada sub kick yang suaranya aneh, trus ada high jamblock di left foot yang dibunyikan oleh heel and toe. huehehehe keren!!! Yang paling saya suka dari setupnya adalah kick bass yang dia letakan di kiri agak belakang... Suaranya mantep banget. Cocok untuk jadi bedug dan maen hard!! Kick bass seperti ini juga diterapkan oleh David Silveria Korn. Tapi kalo dia di kanan belakang.

Urutan acara dimulai dari:
  1. Solo drum oleh Amos Cahyadi
  2. Wawancara Amos Cahyadi yang sebentar banget bersama MC
  3. Solo drum oleh Cendy Luntungan
  4. Wawancara yang lama tapi menghibur sekali bersama MC (nglawak mulu si opa)
  5. Solo drum oleh Thomas Lang
  6. Diskusi dengan Thomas Lang
  7. Ngejam bareng bertiga (mainin spain by chick corea, sayang ga bisa dishoot full, batery dan mini DV abis)
  8. Tanda tangan & foto-foto (anak2 klinikdrum foto bareng Thomas Lang
Acara selesai sekitar 10.30. Waah cukup lama dan puaaaass..
Nah ini ada foto bareng anak-anak klinikdrum.com yang pake kaos doang. Yang ga punya kaos kayanya pada udah pulang (kali). Tapi Thomas Langnya malah kurang keliatan hihi


Nah dibawah ini ada beberapa video yang sempet saya shoot untuk dokumentasi pribadi, yaah sebagai kenang-kenangan laah, ga akan pernah lagi kan nonton dia live.. (kayanya)

Komunitas yang dateng saat itu antara lain dari forum klinikdrum.com (KDF) yang dimotori oleh Mas Denny AJD, dan wajib pake baju klinikdrum, serta dari gitaris.com (kayanya).

Ini ada sedikit oleh-oleh yang bisa saya upload,
yang lainnya gede-gede bo...




thanx to:
mas denny atas fotonya dan udah ngumpulin anak2 KDF untuk foto bareng
Anak2 Forum Klinikdrum.com
Metalgembira dan Datet nyang gondrong grindcore huehehe, gimana Sufocationnya?

4 comments:

  1. ada rekamannya nyet??
    bagi dunk!!!!
    btw tutorial Dave Weckle dah ada di kompi ganjelan noh, tp cm tentang dasar aja sih, kayak stroke, paradidle, stick handling dsb

    ReplyDelete
  2. ga kok, thomas nya keliatan jelas tuh....itu tuh nyang jongkok didepan....alias tomfreakz...hihihihi

    nb :
    eh, iya..tadi udah ketemuan sama 2 orang malaikat penyelamat ku di mailist kok...lutfi sama andy anak 2004..duh, emang pertolongan itu ga bisa disangka dari siapa datangnya....
    btw, klo ga ngerti isi blog gw kok tau sih gw lagi nunggu mobil nya baraya travel ?? lho..hehehehe

    ReplyDelete
  3. BARU!!! www.jktlinks.com



    Menghubungkan semua badan usaha khusus di Jakarta.

    Gratis untuk mencatumkan link webside Saudara bulan ini.

    Badan usaha tidak mempunyai website???

    Kami dapat memberikan paket komplit dengan harga bagus.



    Hormat kami,

    Jeffrey & Feggy

    Managing Director

    Jakarta Links



    Webshop: http://webshop.jakartalinks.com

    ReplyDelete
  4. Wah minta yg solo drum nya Amos n Cendy Bro...
    Penasaran banget ma solo drumnya mereka...
    he he thx

    ReplyDelete