Tes Psikologi yang seru dan aneh

Inget ga saya pernah posting lowongan telkomsel yang untuk di pamasuka? 
http://tomfreakz.blogspot.com/2008/02/lowongan-telkomsel-pamasuka-kupang-bali.html
Papua Maluku Sulawesi Kalimantan, dan ada tambahannya lagi Kupang dan Bali. Nah kebetulan saat itu saya ikutan apply. Saya luncurin deh surat lamaran sesuai syarat administrasinya ke Kalimantan, Bali, Bandung, Jakarta. Saya bingung kenapa saya dengan begonya ngirim ke 4 kantor telkomsel tersebut. Padahal dengan ngirim ke satu kantor aja tetep bisa diproses (kata orang-orang). Alhasil beberapa hari lalu saya disuruh tes psikologi membawa pensil 2B dan KTP ke Biro Persona di deket Jalan Jakarta kota Bandung.

Hari senin 21 April 2008 saya berangkat ke tempat tesnya dan sampai disana pukul 07.57. Disana sudah terdapat beberapa orang yang menunggu dimulainya tes. Yang saya agak bingung adalah tempatnya kecil. Kira-kira seperti rumah penduduk dengan luas 25-30M. Saya pikir, apakah mampu menampung segitu banyak para pelamar? Secara telkomsel gitu loh? Demand dari pencari kerja sampai saat ini kan cukup tinggi?!

Setelah kira-kira pukul 08.15, kami semua diajak ke ruangan tes. Sekali lagi saya bingung "kok yang hadir hanya 12 orang?" aneh! sumpeh deh. Ternyata benar, kami semua masuk ke ruangan yang hanya cukup untuk 20 peserta tes. Kami semua duduk di meja yang sempit, menggeser-geser dulu agar patpatnya muat untuk duduk hehe.

Setelah semua duduk, tes psikologi dimulai. Materinya seperti biasa, tes kemampuan apalah itu sebutannya, verbal, skolastik, bla bla bla.. ga ngerti saya istilah psikologi huekekek. Yang model soalnya: "Berapa tebal uang 50 rupiah?" beuugh menegwtehe?!?!? Secara uang 50 aja ada 3 macem. Yang gambar burung cendrawasih, trus yang emas, trus yang sekarang, yang mengkilat dan yang mengkilat ga berat itu yang paling baru? Apa bener semuanya ukurannya sama? ada yang tau? Trus model soal yang "Air - Tempayan. trus Burung - .... (titik-titik)" pilihan jawabannya Celana, Rok, Sangkar, Balon.. Ya jelas gw jawab celana! Masa rok??!!?!?! huekekekek. Trus yang apalan nama burung, perkakas, alat kontrasepsi, kesenian, binatang. Beugh kalo udah sering tes psikologi udah apal jawabannya kali yak.. udah tinggal a-a-b-b-a-b-c-d-a-b-c hahahahaha. Ga perlu ngapalin nama-nama burung itu lagi. Ada hal yang paling malu waktu itu. Jadi pas lagi sunyi-sunyinya kami semua mengerjakan tes, secara mendadak perut saya berbunyi "KRRIIIIUKKKK KRUK KRUK KRUYUKKKUK". Sial... tengsin abis gw!! huahahakakakak.

Dua tes yang paling bikin gw kesel:
  1. Pauli (yang menjumlakan dua angka di kertas yang gede itu)
  2. Edward tes.. ini bikinannya si Edu. (milih 2 jawaban yang mendekati)
Kalo pauli itu bikin cape otak, jari, leher, punggung, tangan, pergelangan, mata. Gw sempet tidur 2 kali lho waktu ngerjain kemarin. Saking BT-nya! Pengennya tuh cepet selesai, padahal baru ngerjain setengah di halaman pertama. Paling bikin ciut kalo pas lagi ngerjain, udah ada yang nambah... beugh.. bikin perut keroncongan, konsentrasi hilang, napas jadi sesak, trus langsung ngayal ke hal lain hehehe. Kalo yang Edward tes, wah ini ga enak juga. Cape mbaca dan memilih. 

Saya lebih suka tes psikologi yang seperti di mypersonality.info karna pertanyaannya beda-beda hahahaha. Dan inilah hasil tes saya: http://tomfreakz.mypersonality.info/.
Dari hasil yang diperoleh saya cukup puas, karena memang saya tipe orang yang (menurut saya) suka akan banyak hal dan berusaha untuk mempelajari semua hal itu. Maruk ya? Tapi engga juga kok. Ngga seratus persen seperti itu, tetap relatif dan punya skala prioritas tertentu. Dari grafiknya, saya lebih condong ke angka 50%. Jadi hampir disemuanya dalam range 25% - 75%. Kecuali untuk judging dan thinking hehe. Temen saya Susan pernah bilang "Thomas tuh orangnya otak kiri sama kanannya bisa jalan!", trus bingunglah saya mendengar itu. Pertama otak memang bukan benda mati, kedua otak ga punya kaki, yasudahlah.

Yap, lanjut ke tes psikologi telkomsel itu, ternyata kami baru makan siang kira-kira pukul 13.00. Saya pikir nanti bakal ada prasmanan atau nasi kotak, ternyata mbanya bilang, "nanti kalo mau makan, keluar belok kanan trus belok kiri, nanti ada warung makan disitu". huehehehehe yau wes...

Di tempat makan, saya kenalan dengan teman yang juga ikut tes, saya sempat kenalan dengan 3 orang:
  1. Nano (Teknik Elektro Itenas)
  2. Berry (Akuntansi Unpad)
  3. Ferdy (Teknik Industri Maranatha)
Wew baru kali ini saya merasakan tes dengan jumlah orang yang sedikit, dan kami semua dari kampus yang berbeda. Sepertinya yang dari STT/IT Telkom saya sendiri, atau jika pun ada mungkin saya tidak kenal (maklum udah rada tuir :D) ngga lah.. hehehe kesempatan kerja kan bukan untuk umur tertentu, selama masih sesuai syarat administrasi ya tentu hajar aja bleh hehehe. Yang datang kemarin ada juga kok Manajer dari perusahaan mana gitu. Jadi kalo masalah umur sih nyantai aja boss.

Setelah makan siang kami masuk lagi, tes edward dan selanjutnya tes wawancara psikologi secara personal. Selama menunggu, kami berempat rusuh ngobrol kenceng-kenceng. Ketawa-ketiwi, cerita macem-macem. Saya paling suka ketemu orang batak, karena biasanya logatnya lucu.. enak dengernya (sori tidak bermaksud SARA). Kebetulan si Berry pelawak, alhasil kami semua dikocok-kocok terus perutnya sembari menunggu giliran dipanggil. Enak sih.. jadi lebih relax dan siap menghadapi wawancara. Konsentrasi jadi ilang juga sih kekekekeke...

Beruntung sekali saya bertemu kawan-kawan baru disana, selain orang2nya asik banget, bisa ngakak mulu dan kami berasal dari universitas yang berbeda. Kami saling bertukar informasi, nomor telpon. Kami semua bingung, kok tes telkomsel di Bandung yang hadir cuma kami, cuma 12 orang pula, trus kok semuanya dari universitas yang beda? Naon maksudna iyeu?! Udah gitu pas lagi wawancara, saya ditanya "bagaimana jika anda diletakan di divisi commerce?", dan ternyata ada juga teman saya yang ditanya seperti itu. What the hell? Apa berarti kami semua bakal dijuruskan ke divisi tersebut? Kalo lolos sukur, kalo ga lolos juga sukur... Well only God knows why lah!! hahaha.. 

Tes Psikologi adalah tes yang paling enak. Kita hanya perlu menjawab semua pertanyaan sesuai diri kita, kepribadian kita. Kita hanya perlu persiapan isi perut dan tidur cukup. Kalo ngga, nanti perut kita bakal memainkan musik Grindcore dan ketiduran pas pauli huehehehehe.

Fiewww tes psikologi yang amat sangat enak *kecuali pauli & edward test* hukekekekeke

thanx God
thanx new friends, we have fun that day!!
thanx reader...
have a great time!!

3 comments:

  1. SaLam kenal Brow, Guwe juga pernah ikutan tes kerja buat Telkomsel. Sama problemnya yaitu tes penjumlahan cuman dua angka tapi seabreg-abreg itu bikin muntah aja, he....he....

    Katanya sih buat ngelatih konsentrasi. Wis pokoknya sukses aja

    ReplyDelete
  2. perasaan semua test psikologi asik-asik aja deh..
    kekeke..

    ReplyDelete
  3. nih ada tips lengkap untuk menjalani tes psikotes sampai tes akhir di telkomsel..semoga bermanfaat.

    http://indonesiatelekomunikasi.blogspot.com/2010/05/tips-tes-telkomsel.html

    ReplyDelete