Membuat SAP tcode untuk Report Painter dan Report Writer

Pada saat kita mengcustomize report melalui report painter (tcode: GRR1) atau report writer (tcode: GR31), kita menyimpan program tersebut pada report group yang perlu kita create juga. Anggaplah kita membuat report melalui report writer dengan nama ZWRE yang tergabung dalam report group bernama ZGRE.

Sekarang bagiamana membuat SAP tcode untuk Report Painter dan Report Writer?
Untuk menjawab itu kita lihat dulu kenapa kita harus pake report group? Kalo dari si help.sap.com begini:
Once you have created a report you have to create a report group for this report or assign the report to an existing report group. A report group can contain one or more reports. When reports use the same characteristics and share the same data, data is selected faster and processing time is quicker since report data is only selected once for all reports within a report group.
Program pada report group ini dapat kita execute melalui tcode GR55, kemudian kita ketik nama report groupnya, misalnya ZGRE, barulah kita execute, dan selanjutnya barulah muncul selection screen.



Nah sekarang gimana caranya agar user dapat langsung mengetik tcode kemudian selection screen muncul?
Bagaimana membuat SAP tcode untuk Report Painter dan Report Writer?

Melalui tcode: SE93 (Maintain Transaction) kita buat tcode baru untuk report group kita. Kita isi transaction code dengan Z_RE. Short text sebagai penjelasan tcodenya dan kita pilih Transaction with parameters (parameter transaction) seperti pada gambar:


Pada screen selanjutnya, untuk Default values for, pilih radio button "Transaction", isikan dengan START_REPORT, dan tick pada Skip initial screen. Pilih Inherit GUI attributes

Pada table di bawah, isikan Name of screen field dengan:
D_SREPOVARI-REPORTTYPE, isikan valuenya RW
D_SREPOVARI-REPORT, isikan dengan ZGRE (nama report writer kita tadi).



Selanjutnya kita save, selesai.

Kita bisa menjalankan report kita dengan mengetikan tcode: Z_RE.

Mungkin lo pada penasaran, kok gw bisa tau sih caranya gitu?! Dari mane itu? Dari dukun? Wangsit? Mama Loren? Mimpi ketemu moleykat? Cyaah moleykat tulisannya.

Kita bisa tau itu karena ceritanya gini men.

Awalnya, gw terbesit untuk nyari di menu Environment > Technical Information, seperti mencari object name pada smartforms. Dari situ kita bisa melihat nama programnya. Tapi sayang, namanya seperti ini: GP091XH9T0A646RMNZJAIG74R5F110.

Nama itu seperti nama yang di generate suatu waktu saja. Karena waktu sudah hampir habis, gw coba untuk bikin tcodenya dan tcode itu memanggil program dengan nama GP091XH9T0A646RMNZJAIG74R5F110 *doh ga enak banget nama programnya*.

Beberapa menit kemudian boss gw ngasih solusi bagaimana cara bikin tcode untuk report painter/writer tersebut. Dia bilang bla bla bla (sama dengan yang gw jelasin diatas). Disitu gw mikir, kok dia bisa tau sih? Apa karna emang ada di training material dengan topik tertentu? Atau ada di http://help.sap.com/? Atau ada di https://www.sdn.sap.com/irj/sdn? Atau ada di tempat dimana cuma orang yang punya SAP id yang bisa tau informasinya? Akhirnya gw tanya sama temen gw yang jadi team lead abaper disana dan bertanya gimana si boss ini bisa tau caranya. Gw nebak, di googling ya? Trus dia jawab, "Blum sempet googling tuh", programnya di-"DEBUG". Buset!!... tapi logis sih.

Jadi kebetulan, untuk kasus spek report painter ini, functionalnya biasanya memberikan clue "tolong buat report seperti yang udah ada di SAP standard." Misalnya namanya S_ALR_0811990099. Nah jadinya kita mendebug program ini. Akhirnya gw cobain debug dengan cara melakukan tcode /h, baru kemudian memasukan tcode report standard SAPnya. Eh yang ada pusing sendiri wakakakak, setelah gw coba debug 4 kali... gw ga ngerti... apa yang bisa jadi clue? Akhirnya gw coba pikir lagi, gw baru ngeh kalo S_ALR_0811990099 adalah tcode. Akhirnya gw lari ke tcode: SE93, kemudian gw display. Dan disitulah kira-kira TKP yang bisa menjadi acuan bagi kita semua.

Yaudah dari tcode itu kita bisa display kan, kita samain aja konfigurasinya.

Gitu cuy... tenang cuy.. gw bukan orang jago.. gw cuma orang yang suka penasaran dengan orang lain yang membuat gw suka bertanya dalam hati "Kok dia tau sih? Apa yang membuat dia tau?".

4 comments:

  1. Wew keren banget nih blog...

    minta tutorial yang lain dounk...

    Pasti konsultant SAP ya mas??

    Kenalan dounk mas thom freaks....

    ^__^

    ReplyDelete
  2. jiaahhh nyari report painter tutorial malah nyasar ke blog tomfreakz wakakakak...

    ReplyDelete
  3. Halo mas Tom, ini saya rizki dari btel.
    ikut promosi ya:)

    you can find all SAP tcodes and tables at http://Tcodes.ofSAP.com/ and http://Tables.ofSAP.com

    There are more than 100,000 tcodes and 250,000 tables there. It has the search function (based on tcode/table name, description, and its program) and shows the SAP menu path(s) for each tcode.
    There are also additional information and links about the tcodes/tables. You can also contribute by adding additional information and link of tcodes/tables you know well.

    ReplyDelete