belanja drumstick 2007

Akhir2 ini saya merasakan ketidaknyamanan bermain drum "main drumnya bego". Entah karna skill menurun, atau mood lagu yang kurang, atau karna udah tua *halah*. Padahal akhir-akhir ini multivitamin drum juga sudah ditambah. Nonton video drum, bahkan sampai diniatin dateng ke klinikdrumnya Thomas lang. Efeknya mungkin juga karena sudah dari 3 tahun lalu ga punya band yang sayanya megang drum (megang doang). Akhir2 ini saya main musiknya nyerocos aja di mic dan kadang sambil sambil "ngedjembe".


Saya pikir-pikir apa karena ternyata drumstick yang saya gunakan kualitasnya kurang baik? Sebab memang benar kemarin-kemarin saya beli beberapa drumstick seharga 10 ribu, 15 ribu dan ga lebih dari 25 ribu. Ada beberapa pertimbangan saya menggunakan stick tersebut:
  1. Murah jadi bisa beli banyak
  2. Secara suka maen grasak grusuk, bledas bledes, drumstick mahalan kalo patah sayang
  3. Pernah dapet toko yang jual 10 ribu tapi kualitas kayu mirip dengan drumstick seharga 70 ribuan
Kira-kira pertimbangannya seperti itu. Tempat saya beli drumstick 10 ribu dengan kualitas 70 ribu tersebut rupanya beberapa saat lalu sudah tidak menyediakan lagi. Wew terpaksa beli apa adanya yang tetap dibawah 25 ribu.

Setelah beli beberapa dan digunakan untuk main bersama band, rupanya drumstick 10 ribu-25 ribu ini ga nyampe 5 lagu udah patah 3 buseeeeett... Jelek amir. Malah ada yang baru satu setengah lagu udah patah 2, yaelah beibeh..

Kemudian saya perhatikan lagi apakah benar hanya karena drumstick murahan saja? Lalu saya coba merubah drum setup yang saya gunakan di studio UKM Band. Ride saya tinggikan, begitu juga hihat dan snare drum. Inget setup drumnya dave grohl saat masih nirvana? Nah kira-kira seperti itu. Untuk crash cymbal saya lepas sehingga setup saya menjadi:
  • 22" kick
  • 14" snare
  • tom: 10", 13"
  • floor tom: 16"
  • 14" hihat
  • 20" ride
Haha tanpa crash cymbal, wah ga punya fotonya sih kalo ada kan pasti lebih seru. Akhirnya saya dapat menikmati juga main drum dengan cymbal sedikit, sungguh-sungguh melatih kesabaran untuk memukul crash. Dengan setup drum seperti ini ternyata saya masih bisa enjoy main drum.

Selama ini saya belajar untuk dapat cepat terbiasa dengan kondisi drum setup dengan bentuk, merk, jenis seperti apapun. Wew ternyata apa yang saya pelajari saat ini belum maksimal. Saya masih harus mensetup drum saya sesuai kenyamanan. But anyway sekarang kondisinya adalah tidak ada yang ngelarang untuk merubah setup drum hehehe, so tak ada salahnya kan menyamankan diri.

Setelah drum setup enak, ternyata masih ada yang kurang enak. Halah dari tadi ngomongin drum setup emang apaan sih?
Drum setup adalah susunan drum, jadi misal snarenya agak tinggi, tomnya agak datar atau sampai menutupi si drummer, cymbal banyak sampe muterin tu drummer. Ya macem-macemlah. Tapi intinya tetep, yaitu gimane caralo nyusun drum & accecoriesnya. Liat disini aja deh
Perhatian: definisi ini seratus persen keluar dari otak saya. Tidak layak dijadikan kutipan

Dalam melakukan pukulan stroke, buzzroll dll, tangan saya tidak nyaman. Pukulan-pukulan saya sering tidak berjalan sesuai yang diinginkan, maunya ghost note, ternyata ga keluar, double stroke apalagi buseettt. Selidik punya selidik ternyata benar karna drum stick yang saya gunakan tidak nyaman digenggam. Hehehe alasannya itu lagi.. ga bisa make drumstick murahan.. gile norak banget dah ah... manja banget. Oke setelah selesai latihan, analisa bego main drum sudah ditemukan.

Yihaay setelah punya duit cukup, saatnya berbelanja drumstick yang agak mahal. Merk yang saya incer adalah Vater atau Vic Firth. Kenapa?
Hehe.... tapi yang pastinya mah orang Indonesia tidak bisa sembarang milih merk, ketersedian tipe, jenis dan merk drumstick bergantung kepada dealernya di Indonesia. Untuk tipe saya suka 5A dengan jazz tip dari kayu, bukan nylon. Untuk jenis kayu drumsticknya sendiri kalo bisa hickory atau maple. Kira-kira kaya gini lah. Haha maunya macem-macem tapi di bandung belum tentu ada.
Di Bandung, ada 3 toko yang rencananya saya datangi, yaitu:
  • Tiga Negri
  • Nada
  • GNA
Setelah muter-muter, di Tiga negri banyaknya promark. Vater ada tapi 7A seharga 82 rebeng.
Di Nada tutup, yaelah aneh banget tu toko musik, bukanya cuma pagi dan malam.
GNA miskin drumstick. Adanya stick murahan .. weleh.. Trus bingung nih mau kemana lagi, tapi inget di sebelah BEC sepertinya ada toko musik, yoi akirnya kesana.

Sampe sana, saya lupa nama tokonya tapi kalo ga salah MG. Saya langsung lihat dan ternyata lumayan. Untuk ukuran 5A saya dapet seri vic firfth Terry Bozzio yoi kan huahaha, harganya 80 rebeng, yoi gatau palsu apa asli ni, masalahnya ini artist series tapi kok harganya dibawah cepe.


Tanpa pandang bulu langsung aye sikat tu stick. Tadinya mau beli dua tapi berhubung naluri hemat muncul, akirnya beli yang rada murahan dikit. Yaitu:

Nah ini tulisannya sih:
Magi /rif
special edition artist serries
Merk: absolute
Karya pramudia productions bandung Indonesia
Drumsticks made from selected tropical wood, with handmade processing and high art sense. High quality for professional drummer
harga: 45 rebeng

Kalo ini lumayan lah buat maen, daripada yang asli, rugi men. Lagipula soundnya sama aja. Lagian gw bukan artis ini. Harga 35 rebeng.

Nah ini nih stick sepuluh rebuan.
beratnya sih lumayan, yaaa untuk harga sepuluh rebu lumayanlah.
Belom pernah gw coba juga sih.

Kalo diitung-itung lumayan lah belanja drumstick season ini, *halah norak pake season*.
Udah 8 taon aye ga berani beli stick mahalan men kekekekek.
Iyalah, sayang punya stick mahalan dan produk asli. Mending disimpen. Kebetulan punya beberapa (ga nyampe sepuluh sih kekekeke)
Untuk lengkapnya mungkin anda bisa liat disini.

Yaaaah itulah kehidupan drummer..
Butuh modal gede... Coba anda pikir,
harga drum berape???
belum cymbalnya!!
belum accecoriesnya!!
belum stick. Yang cepet rusak kan stick, jadi ada deh tu anggarannya tiap minggu/bulan.
Waah ngeri kalo itung-itungan..

Yang paling hemat tu vocal, makanya kemaren sempet jadi vocalis.
Kalo manggung tinggal bawa diri doang..
ga ribet kaya drummer.
Harus bawa stick, double pedal, cymbal tambahan,
belum stand nya..ato tom-tom, atau snare
ya ga mesti semua sih
tapi waaaah repot...

But anyway, secara udah beli drumstick baru
semoga saya main drumnya ga bego lagi kaya kemarin.
Kalo tetep bego... ya emang udah gini nasib gw...
nasib ya nasib...

3 comments:

  1. Yoi men!! Belanja terus!!!

    Jadi ngiler ampli bass tapi yang kecil dan murah. Nyari di mana ya?

    ReplyDelete
  2. ampli bass tapi yang kecil dan murah..

    Dulu taun 2000an produk local udah mulai merambah toko musik jakarta. Merknya gw lupa, ada beberapa, coba aja man tanyain, biasanya mereka nyediain stock juga.

    Untuk akustikan cukup lah.
    Yang penting sesui dengan karakter yang lo pengen aja kan, merk bisa menyesuaikan.

    Tapi untuk ampli bass kecil. Produk kualitas dunia pun, misal hughes & kettner, Galian Krueger (yang dipake Fleanya Chilipeppers), trace elliot, kebanyakan suaranya ga nendang... ya iyalah.. kecil, wajar.

    Yang penting sesuai kebutuhan aja sih,,.. ye gak.
    Coba Pasar Baru, MG blok M, fatmawati daerah sebrangnya D best.

    ReplyDelete
  3. beli yang banyak tom
    klo lo dah mau pensiun...
    gw terima tuh bekasan lo deh
    wakakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    ReplyDelete